Social Icons

Arif Rahmanto

Senin, 24 Maret 2014

Pengalaman Organisasi Di Lingkungan Rumah (Karang Taruna)


Setiap orang pasti punya pengalaman tersendiri dalam berorganisasi. Saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam berorganisasi. Organisasi ini terdiri dari sekumpulan anak muda/remaja yang ada dilingkungan rumah saya yaitu Karang Taruna. Jujur saja awalnya saya sangat malas mengikuti organisasi ini. Berhubung pada saat itu Bapak saya jadi Ketua RT rasanya tidak mungkin kalau saya tidak mengikuti karang taruna tersebut. Otomatis jika ada acara apa atau ada kegiatan apa saja pasti saya yang selalu disuruh untuk mengumpulkan teman-teman.

Untungnya saat itu karang taruna sudah berjalan sejak 10 tahun jadi struktur organisasinya sudah ada jadi saya tinggal mengikutinya saja. Setelah semuanya berjalan saya jadi merasa senang mengikuti karang taruna ini, karna dengan mengikuti karang taruna saya jadi bisa sering berkumpul dengan teman-teman dekat rumah yang mungkin sekolahnya berbeda atau punya aktivitas berbeda atau yang jarang ketemu jadi bisa berkumpul lagi biasanya pada saat rapat atau ada kegiatan. Jadi bisa dibilang berorganisasi sambil mempererat tali silaturahmi.

Disini bukan hanya sekumpulan remaja yang seumuran tetapi ada juga yang usianya lebih tua dan ada juga yang lebih muda dari saya. Karang taruna bukan hanya tempat untuk rapat atau bersenda gurau tetapi disini kita juga bisa belajar menghargai pendapat orang lain, memahami karakter orang lain dan bisa jadi disiplin. Kami juga sering bertukar informasi apa saja supaya selain berorganisasi kita juga bisa menambah ilmu. Sebagai karang taruna kami sering diikut sertakan dalam kegiatan apa saja yang ada dimasyarakat, mulai dari bergotong-royong membangun gapura, membangun jalan, membersihkan selokan, olahraga pagi (seperti: gerak jalan, senam pagi, dan lain-lain), panitia Agustusan, bazar, pembagian daging kurban, pengajian bulanan dan lain-lain.

Dari berbagai kegiatan tersebut banyak sekali manfaat yang saya dapat yaitu saya bisa bekerja sama dengan orang lain, bisa lebih berbaur dengan masyarakat di lingkungan saya, rasa yang tidak pernah saya lupakan seumur hidup saya. Seperti acara 17 Agustusan saya dan teman-teman di koordinir untuk menyiapkan segala peralatan lomba khususnya untuk anak-anak. Disitu kami bisa berbagi tugas ada yang memberikan pengumuman, ada yang menyiapkan perlengkapan lomba, ada yang stay dilapangan, mencatat pemenang lomba, MC, penertiban, membuat perangkat lomba dan lain-lain. Memang rasanya melelahkan tetapi disisi lain saya jadi teringat sewaktu kecil betapa antusiasnya saya mengikuti lomba 17an. Sekarang sudah saatnya saya mengabdi kepada masyarakat untuk itu semua.

Acara itu biasanya berlangsung selama kurang lebih dua minggu dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu saja. Kami semua tidak merasa terbebani yang ada kami senang melakukan hal ini. Alhamdulillah acara ini berjalan tanpa hambatan dan sesuai yang telah direncanakan. setelah kegiatan semua selesai pada malam harnya diadakan malam puncak. Disini sudah disediakan panggung yang nantinya akan digunakan untuk malam berkumpulnya semua warga untuk saling berkumpul dan bersilaturahmi dan juga ada acara seperti makan bersama, nyanyi bersama, amanat dan sambutan dari ketua RT dan ketua RW dan ketua karang taruna dan pembagian hadiah lomba anak-anak.

Acaranya sangat meriah dan saya sangat senang sekali karna bisa menjadi bagian dari acara ini. kami ditugaskan berbagai tempat ada yang bagian sound, panggung, pembungkusan hadiah, menjaga ketertiban acara, snack. Kebetulan saya jadi seksi konsumsi tugas saya adalah membagikan snack kepada para warga yang hadir pada malam itu di bantu juga oleh beberapa teman saya. Anak karang taruna menggunakan kaos khusus sebagai panitia pada saat itu saya ingat warnanya merah. Dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar tanpa hambatan semua selesai dengan baik dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, semua warga sangat senang pada malam itu begitu juga saya.

Demikian, sedikit dari pengalaman organisasi saya mengikuti karang taruna. Belajar berganisasi tidak bisa kita pelajari hanya dengan membaca/teori tetapi harus terjun langsung didalam kegiatan organisasi karna pengalam organisasi dapat manambah wawasan terutama dalam organisasi, dan didunia kerja pun kita harus pandai bekerja tim karna biasanya seperti itu. Maka dengan mengikuti organisasi kita bisa sambil belajar untuk hal itu. Sedikit pengalaman saya yang dapat saya tulis disini semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar