Social Icons

Arif Rahmanto

Minggu, 20 Maret 2016

Penulisan 4 “Perbedaan Audit Arround the Computer, Through The Computer dan Berikan Contoh Prosedur dan Lembar Kerja IT Audit”



 SUMBER :
http://taarahay.blogspot.co.id/2013/04/jelaskan-perbedaan-around-computer-dan.html
http://boimzenji.blogspot.co.id/2013/04/jelaskan-perbedaan-around-computer-dan.html


Auditing-Around The Computer
Audit terhadap suatu penyelenggaraan sistem informasi berbasis komputer tanpa menggunakan kemampuan dari peralatan itu sendiri. Audit terjadi sebelum dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap data ataupun program yang ada didalam program itu sendiri. Pendekatan ini memfokuskan pada input dan output, sehingga tidak perlu memperhatikan pemrosesan komputer.


Auditing-Through The Computer
Audit terhadap suatu penyelenggaraan sistem informasi berbasis komputer dengan menggunakan fasilitas komputer yang sama dengan yang digunakan dalam pemrosesan data. pendekatan audit ini berorientasi computer yang secara langsung berfokus pada operasi pemrosesan dalam system computer dengan asumsi bila terdapat pengendalian yang memadai dalam pemrosesan, maka kesalahan dan penyalah gunaan dapat dideteksi. Pendekatan ini dapat menggunakan perangkat lunak dalam bentuk specialized audit software (SAS) dan generalized audit software (GAS). Pendekatan Audit ini digunakan bila pendekatan Auditing Around the Computer tidak cocok atau tidak mencukupi. Pendekatan ini dapat diterapkan bersama-sama dengan pendekatan Auditing Around the Computer untuk memberikan kepastian yang lebih besar.


Prosedur IT Audit
1.   Tahapan Perencanaan. Sebagai suatu pendahuluan mutlak perlu dilakukan agar auditor mengenal benar obyek yang akan diperiksa sehingga menghasilkan suatu program audit yang didesain sedemikian rupa agar pelaksanaannya akan berjalan efektif dan efisien.  
2.   Mengidentifikasikan resiko dan kendali. Tahap ini untuk memastikan bahwa qualified resource sudah dimiliki, dalam hal ini aspek SDM yang berpengalaman dan juga referensi praktik-praktik terbaik. 
3.  Mengevaluasi kendali dan mengumpulkan bukti-bukti melalui berbagai teknik termasuk survei, interview, observasi, dan review dokumentasi.  
4.   Mendokumentasikan dan mengumpulkan temuan-temuan dan mengidentifikasikan dengan audit.  
5.  Menyusun laporan. Hal ini mencakup tujuan pemeriksaan, sifat, dan kedalaman pemeriksaan yang dilakukan.

Laporan hasil audit disusun oleh ketua tim audit (atau oleh staf auditor yang kemudian
diperiksa oleh ketua tim audit), dan selanjutnya diserahkan kepada pengawas audit (supervisor)
untuk direview. Proses dari konsep sampai diterima (ditandatangi oleh ketua tim) dan diterima
oleh supervisor lazimnya melalui suatu proses bolak-balik yang kadang-kadang sampai
beberapa kali putaran. Dalam proses tersebut seringkali digunakan suatu formulir yang disebut lembar review untuk memudahkan koreksi/tambahan dan sebagainya (dikenal dengan lembaran review, review sheet) tanpa harus mencorat-coret konsep laporan hasil audit

Penggunaan lembaran review dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan berikut :
     ·         Komunikasi lisan akan memerlukan waktu yang cukup lama padahal atasan maupun
bawahan mungkin masih mempunyai kesibukan lain.
     ·         Komunikasi tertulis tidak dapat dilakukan di dalam konsep laporan, karena konsep
laporan tersebut akan dipenuhi dengan catatan-catatan review.


Lembar Kerja IT AUDIT
·         Stakeholders : Internal IT Deparment, External IT Consultant, Board of Commision, Management, Internal IT Auditor, External IT Auditor 
·         Kualifikasi Auditor : Certified Information Systems Auditor (CISA),Certified Internal Auditor (CIA), Certified Information Systems Security Professional (CISSP), dll.  
·         Output Internal IT : Solusi teknologi meningkat, menyeluruh & mendalam, Fokus kepada global, menuju ke standard-standard yang diakui.  
·         Output External IT: Rekrutmen staff, teknologi baru dan kompleksitasnya, Outsourcing yang tepat, Benchmark / Best-Practices.  
·         Output Internal Audit & Business: Menjamin keseluruhan audit, Budget & Alokasi sumber daya. 


2 komentar: