Social Icons

Arif Rahmanto

Kamis, 27 Juni 2013

TUGAS 4.2 Harapan Saya Dan Cara Untuk Mencapainya


Harapan adalah suatu impian yang ingin kita capai. Dalam dunia ini semua orang pasti memiliki harapan dan ingin mencapainya. Dari harapan itu kita akan berusaha untuk mencapainya. Harapan juga membuat hidup ini lebih terarah karna kita mempunyai tujuan yang ingin di capai. Sukses atau tidaknya sebuah harapan yang kita punya itu semua tergantung bagaimana cara kita untuk mendapatkannya. Setiap orang mempunyai harapan yang berbeda-beda tergantung dari pengetahuan, wawasan, pengalaman dan juga pola pikir seseorang mengenai harapan yang ingin ia capai.
Pada umumnya harapan setiap orang memiliki harapan yang sama yaitu ingin hidup yang lebih baik dimasa yang akan datang. Mungkin hanya caranya yang berbeda untuk mewujudkannya.Mungkin sudah banyak dari kita ketika masih kecil memiliki cita-cita atau harapan misalkan ada teman yg memiliki harapan suatu saat ingin jadi dokter, ada juga yang ingin jadi pilot, jadi TNI.
Begitu juga saya, saya ingin menceritakan sedikit harapan saya disini. Saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) saya mempunyai banyak harapan di kemudian hari itupun terkadang ikut-ikutan temen seperti ingin menjadi pemain sepak bola, ingin jadi tni dan lain-lain. Waktu terus berlalu setelah saya lulus SMK harapan saya mengenai hal itu sudah tidak ada, yang ada hanyalah saya ingin melanjutkan kuliah. Dan saat saya kuliah sekarang saya mempunyai harapan diantaranya adalah ingin menjalani kuliah dengan baik agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan juga dibekali dengan ilmu yang manfaat dan juga dapat lulus dengan baik sehingga saya bisa membanggakan orang tua saya.
Dan ketika saya sudah lulus harapan saya adalah ingin mendapat pekerjaan yang baik, yang cukup yang halal dan berkah agar saya bisa memberangkatkan orang tua ke Mekkah untuk menunaikan rukun islam yang ke lima yaitu pergi haji.Selain itu saya juga memiliki harapan lain yaitu membuka usaha lapangan futsal dimasa yang akan datang. Dengan usaha itu saya bisa sekaligus menyalurkan hobi dan bakat saya didunia olahraga yang satu ini. Karna dari usaha ini banyak sisi positifnya.
Dari semua harapan itu pada dasarnya harapan saya adalah ingin hidup bahagia dunia akhirat. Jadi dalam menjalani kehidupan ini harus seimbang jagan hanya mementingkan kehidupan dunia saja.
Dari semua harapan tersebut tidak mungkin akan dicapai dengan cara instan. Adapun cara untuk mencapainya yaitu:
     1.      Percaya diri dan Optimis
Sebelum kita melakukan sesuatu (untuk mencapai harapan), kita harus percaya diri dan optimis. Maksudnya kita harus percaya pada kemampuan yang ada pada diri kita dan kita harus berfikir positif serta yakin bahwa harapan itu pasti tercapai. Kita tidak boleh berfikir pesimis dan takut mengambil resiko. Karena hal tersebut bisa menghambat kita untuk Mencapai sebuah Harapan.

     2.      Berusaha dengan sungguh-sungguh
Untuk mencapai sebuah harapan kita tidak bisa hanya tinggal diam. Oleh karena itu kita diharuskan berusaha dengan sungguh-sungguh, belajar dengan tekun dan serius. Maksudnya kita harus bekerja dengan ikhlas, bekerja keras dengan sepenuh tenaga, dan bekerja dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kita bekerja dengan ceroboh atau sembarangan, karena itu tidak akan membuahkan hasil.

     3.      Berdoa pada Allah SWT
Setelah kita melakukan usaha dengan sebaik mungkin, kita tidak boleh menyudahinya sampai disitu saja. Kita lanjutkan dengan berdoa pada Allah SWT. Sebab Allah akan mengabulkan permintaan hamba-Nya jika hamban-Nya mau berdoa. Sesuai dengan firman Allah yaitu “ Berdoalah pada-Ku, niscaya doamu akan Kukabulkan ”. Nah, oleh karena itu kita jangan malas dan jangan malu untuk berdoa dan meminta pada Allah SWT.

     4.      Bertawakkal pada Allah SWT
Setelah kita sudah berusaha dan berdoa, kita harus bertawakkal pada Allah SWT. Maksud dari bertawakkal pada Allah adalah kita berserah diri pada Allah setelah kita berusaha dan berdoa dengan sebaik mungkin. Jadi setelah kita berusaha kita harus berserah diri pada Allah SWT. Karena manusia hanya bisa berencana dan Allah lah yang menentukan hasilnya.

     5.      Doa Orang Tua
Dari usaha-usaha yang telah kita lakukan jangan sampai lupa dengan poin yang satu ini. Kita harus meminta doa kepada orang tua kita khususnya ibu karna beliau adalah sumber keberkahan dalam hidup kita. Rasulullah bersabda “Ridhonya Allah tergantung kepada ridhonya orang tua dan Murkanya Allah tergantung murkanya orang tua”. Maka dari itu pentingnya doa dari orang tua agar apa yang kita usahakan mendapat Ridho dari Allah swt.

     6.      Bersedekah dan Beribadah
Selain itu, kita bisa juga mendampingi hal-hal diatas dengan bersedekah. Dengan bersedekah kita bukan mengurangi harta kita, tapi malah menambahnya karena Allah akan membalasnya dengan berlipat-lipat. Saat kita bersedekah, kita boleh sambil berdoa dan berharap agar harapan kita tercapai. Selain bersedekah kita harus memperbanyak beribadah. Misalnya berpuasa dan melakukan salat sunnah Hajat. Mungkin dengan hal itu harapan kita akan semakin semakin mudah tercapai .


Setelah kita sudah melakukan hal-hal diatas tapi harapan kita masih belum tercapai juga, kita harus tetap sabar, tidak cepat menyerah dan tidak putus asa. Kita harus terus berusaha dan berusaha lagi agar harapan kita tercapai. Itulah tadi harapan dan usaha untuk mencapai harapan saya semoga apa yang kita semua harapkan bisa terkabul. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar