Social Icons

Arif Rahmanto

Kamis, 27 Juni 2013

TUGAS 4.1 Pengalaman Tentang Kegelisahan dan Cara Mengatasinya


Saya ingin menuliskan pengalaman saya tentang kegelisahan yaitu saat mengikuti ujian nasional (UN) dan menunggu pengumuman kelulusan tingkat SMK. Seperti hari-hari biasa saya menjalani kehidupan saya sebagai anak kelas 3 SMK di salah satu SMK swasta didaerah bekasi. Hari terus berjalan waktu terus berlalu sampai tiba saatnya Ujian Nasional (UN). Disini juga menjadi awal kegelisahan saya karna beberapa waktu sebelum UN saya masih kurang persiapan belajar dan masih bersantai-santai seakan-akan waktu UN masih lama. Karna pada saat itu saya masih disibukan  dengan kegiatan seperti futsal dan lain-lain.
Seperti sekolah-sekolah lain yang biasanya mengadakan les atau pendalaman materi disekolahnya khusus untuk anak kelas 3 maka saya mengikuti pendalaman materi tersebut dengan harapan agar saya siap secara materi dan mental termasuk kegelisahan yang awalnya saya alami. Banyak kegiatan yang saya ikuti disekolah dalam rangka mempersiapkan UN seperti berdoa bersama memohon kepada allah agar angkatan kami lulus 100%. Dan juga saya dan teman-teman sepermainan atau biasa dibilang teman tongkrongan melakukan belajar bersama meskipun tidak berjalan kondusif 100% tapi paling tidak ada hal-hal yang tadinya saya belum paham menjadi paham

Pada akhirnya semua itu berlalu dan tinggal tiga hari lagi sudah UN. Saya pun semakin gelisah bagaimana tidak, selama tiga tahun saya sekolah di SMK itu hanya ditentukan oleh 3 hari yang bisa dibilang menegangkan. Karna saya takut tidak bisa mengerjakan soal-soal itu dengan baik. Saya hanya bisa terus belajar dan berdoa dan juga meminta doa kepada ornag tua. Dan sedikit-sedikit rasa gelisah itu hilang dengan sendirinya.
Sampai tiba hari pertama UN saya berangkat dari rumah seperti biasanya sesampai di sekolah semua berjalan seperti hari-hari sekolah biasa Alhamdulillah tidak ada rasa cemas, ketegangan dan kegelisahan yang saya alami sebelumnya. Sehingga saya bisa mengerjakan soal-soal tersebut dengan lancar. Setelah UN selesai rasanya tenag sekali seperti satu beban saya sudah terangkat. Dengan harapan semoga saya bisa lulus.
Setelah kegelisahan menjelang UN sudah berakhir sekarang muncul kegelisahan yang sebenarnya yaitu menunggu pengumuman kelulusan. Disitu saya cemas dan gelisah apakah semua yang telah saya lakukan selama sekolah tiga tahun disini berhasil atau tidak. Karna pengumuman kelulusan bukan disekolah melainkan diantar via pos kerumah masing-masing jadi hal ini benar-benar membuat saya gelisah.

Usaha yang saya lakukan agar mengatasi kegelisahan tersebut dengan menenangkan diri dan juga banyak berdoa kepada Allah agar apa yang saya niatkan bisa terkabul dan juga meminta doa orang tua dengan harapan yang sama. Sampai hari pengumuman itu saya merasa gelisah saat menunggu pak pos. apalagi disaat melihat dan mendengar teman–teman saya yang sudah mendapatkan surat kelulusan dari pak pos saya semaki cemas. Hingga waktu yang ditunggu-tunggu tiba yait tepat jam 4 sore pak pos dating dan memberikan hasil kelulusan. Saya langsung membuka surat tersebut dan melihat hasilnya dan saya LULUS dengan hasil yang memuaskan dan juga teman-teman saya satu angkatan lulus 100% saya sangat senang dan bersyukur atas kelulusan ini dan membuat kegelisahan yangsaya alami langsung hilang seketika. Dan itulah salah satu pengalaman saya mengenai kegelisahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar