Social Icons

Arif Rahmanto

Selasa, 30 September 2014

Keunikan Dan Kelemahan Bahasa Indonesia


            Bahasa merupakan salah satu identitas suatu bangsa. Sebenarnya bahasa Indonesia mempunyai banyak keunikan yang bisa kita banggakan. hanya saja kita yang belum mengetahuinya. Ada beberapa hal yang menunjukan bahwa hebatnya bahasa Indonesia dibandingkan dengan bahasa asing.  Disini saya akan memberikan beberapa keunikan bahasa Indonesia. Berdasarkan historisnya bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Padahal kita punya banyak sekali bahasa daerah yang bisa dijadikan pilihan. Namun, dari bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu dan bahasa kesatuan Indonesia.

            Salah satu keunikan bahasa Indonesia yaitu mempunyai kosakata yang bisa ditambahkan imbuhan yang bisa dikembangkan. Seperti satu kata yang bisa menghasilkan sebuah klausa, kalimat, frasa, wacana dan paragraf. Misal saya mengambil contoh kosakata pukul. Dari kata pukul bisa dikembangkan dengan imbuhan menjadi memukul, dipukuli, pemukulan, pemukul, terpukul, dipukul, memukuli, kepukul. Semua itu adalah hasil imbuhan dari kata pukul. Apabila kita ubah menjadi sebuah frasa akan menjadi seperti akan memukul, telah dipukuli, mungkin terpukul. Apabila menjadi kata ulang bisa menjadi seperti pukul-memukul.

             Masih banyak sekali keunikan lainnya seperti kata yang bisa dibalik tanpa harus mengubah kata itu sendiri dan maknanya. Seperti kata kasur rusak, jika kita lafalkan dari sebelah kanan maka akan tetap terbaca kasur rusak. Kemudian kata yang terdiri dari tiga huruf seperti ini, ada, iri, aja, apa, dll. Kemudian kata yang erdiri dari 4 huruf seperti taat. Kemudian kata yang terdiri dari 5 huruf seperti malam, sinis, katak, kakak, kutuk, sugus, tamat, dll. Dan masih banyak lagi kata-kata yang bisa dibolak balik tanpa mengubah kata dan maknanya.

            Salah satu keunikan huruf dalam bahasa Indonesia adalah huruf E dan X. Di dalam huruf e ada dua pelafalan yaitu e dan ‘e. jika kita ambil contoh lafal e yang e contohnya seperti kata kemana, beruang, kertas, kembang, tenang, tebing, tegas, besar, bening, pemuda dan lain-lain. Sedangkan lafal e yang ‘e contohnya seperti karpet, diet, tembok, nekat, pendek, resiko, meja. Untuk lafal gabungan antara e dan ‘e contohnya seperti helikopter, permen, sepeda, lembek, dll. Huruf x yang bisa dilafalkan dengan kata eks atau ks. Namun dalam prakteknya lebih banyak dilafalkan dengan huruf s seperti kata xenia yang dibaca senia dan xiloid yang dibaca siloid. Karna pada dasarnya huruf x adalah huruf serapan dari bahasa asing.

Salah satu keunikan Bahasa Indonesia
S : Satu + Sembilan = Sepuluh
D : Dua + Delapan = Sepuluh
T : Tiga + Tujuh = Sepuluh
E : Empat + Enama = Sepuluh
L : Lima + Lima = Sepuluh
Mungkin tidak ada bahasa lain yang bisa membuat seperti ini.

            Ada yang membedakan bahasa Indonesia dengan bahasa asing yaitu bila ingin membedakan jenis kelamin bahasa Indonesia cukup memberi keterangan jenis kelamin seperti laki-laki dan perempuan, jantan dan betina/pria dan wanita sedangkan bahasa asing seperti bahasa Arab untuk membedakan jenis kelamin digunakan perubahan bentuk misalnya muslimin – muslimat, mukminin- mukminat, hadirin – hadirat. Kemudian untuk kata yang menunjukan jamak, bahasa Indonesia cukup menambakan kata para, seluruh, segala semua, beberapa, sebagian dan bilangan dua, tiga, empat dan seterusnya. Misalnya: seluruh warga, semua yang hadir, para siswa. Jika bahasa asing (misalnya Inggris) digunakan tambahan ‘s’ dibelakang kata. Seperti table yang menunjukan satu meja sedangkan tables menunjukan beberapa/banyak meja (lebih dari satu).

            Salah satu keunikan yang patut kita banggakan dari bahasa Indonesia adalah
1.      Dijadikan Bahasa Resmi Ke-2 di Vietnam
2.      Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia
3.      Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia
4.      Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress
5.      Bahasa dan Musik Indonesia dikirim ke luar angkasa

  
Kelemahan Bahasa Indonesia
1.      Bahasa Indonesia aalah salah satu bahasa yang sulit di pelajari karena banyaknya aturan yang ada pada bahasa Indonesia
2.      Belum mampu menjadi bahasa Internasional karena kita masih tertinggal dalam berbagai sektor. Seperti perekonomian dan teknologi, yang mana dua hal tersebut merupakan salah satu kriteria yang digunakan dalam menilai kelayakan suatu bahasa yang digunakan sebagai bahasa internasional.
3.      Banyak sekali bahasa-bahasa daerah yang terkadang masih digunakan didalam kehidupan sehari-hari yang dapat mengakibatkan tergesernya bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari.
4.      Banyaknya aturan-aturan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar, baik dalam berbicara maupun penulisan. Misalnya, di dalam Bahasa Indonesia kita mengenal adanya EYD (Ejaan yang Disempurnakan), penulisan kata dan kalimat baku, penggunaan kalimat majemuk, dan sebagainya.
5.      Adanya ungkapan-ungkapan atau kiasan yang sering digunakan di dalam Bahasa Indonesia, sehingga kita atau orang asing yang mau belajar bahasa Indonesia harus memahami apa arti ungkapan tersebut. Contoh:
a.       Panjang tangan = pencuri
b.      Buah hati = anak
c.       Besar kepala = sombong

d.      Darah biru = keturunan bangsawan

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar