Social Icons

Arif Rahmanto

Senin, 29 September 2014

Peran Dan Fungsi Bahasa Indonesia "Fenomena Bahasa Indonesia Di Kalangan Anak Muda"


            Bahasa secara umum dapat didefinisikan sebagai lambang. Bahasa juga digunakan sebagai alat berkomunikasi sesama manusia baik secara lisan maupun tulis. Pada dasarnya bahasa sudah menyatu didalam kehidupan manusia. Segala hal bisa kita sampaikan lewat bahasa seperti ilmu, ide, gagasan, sudut pandang,  pemikiran dan keinginan. Agar apa yang kita sampaikan dapat berjalan lancar dengan baik, komunikator dan komunikan harus bisa menguasai bahasanya dengan baik. Bahasa juga bisa menentukan karakter, tingkat pendidikan, latar belakang dan kehidupan sosial seseorang.

            Sebagai warga negara Indonesia maka bahasa yang kita gunakan adalah bahasa Indonesia, terlepas dari bahasa suku-suku yg beragam di Indonesia tetapi bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa pokok dan utama di Indonesia.


     A.    Fungsi Bahasa

1.      Sebagai Bahasa Negara Pemersatu Bangsa
      Kita tinggal di negara yang kaya dengan berbagai macam budaya, suku dan bahasa. Agar semua aspek yang ada di Indonesia dapat bersinergi. Bahasa Indonesia juga berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa, berarti kedudukan yang dimiliki lebih tinggi daripada bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia. Kita yang hidup berdampingan dengan orang yang mungkin berbeda suku, bahasa dan budaya. Maka dengan bahasa Indonesia kita dapat sama-sama saling menghormati, menghargai, mengerti dan memahami apa makna perbedaan. Indonesia memiliki berbagai macam  budaya dan bahasa, maka dari itu bahasa pemersatu diperlukan agar hubungan komunikasi antar satu dengan yang lain tidak terhambat. Sebagai warga negara yang baik maka kita harus belajar bagaimana berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.      Sebagai Alat Komunikasi
      Dalam kehidupan manusia, tidak mungkin apabila kita tidak melakukan komunikasi, karena segala aspek kehidupan antara hubungan manusia satu dengan yang lainnya pasti menyangkut tentang komunikasi. Begitu juga dengan bahasa Indonesia yang tidak luput dari komunikasi. Dengan adanya Bahasa, manusia dapat berhubungan dan berinteraksi dengan alam sekitarnya, terutama sesama manusia sebagai makhluk sosial. Bahasa sebagai alat komunikasi berpotensi untuk dijadikan sebagai sarana untuk mencapai suatu keberhasilan dan kesuksesan hidup manusia, baik sebagai insan akademis maupun sebagai warga masyarakat.
3.      Sebagai Penunjuk Identitas Diri
      Kita menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu pasti kita menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan segala sesuatu baik itu pendapat, ide, ilmu, pikiran, gagasan. Kita bisa menilai orang lain dari cara berbahasanya. Kita bisa mengetahui cara berpikir, tingkat pendidikan, tingkat intelektual, kecerdasan, sifat dan watak seseorang. Begitu juga dengan orang lain yang dapat menilai diri kita atau identitas kita dari cara berbahasa kita.
4.      Sebagai Alat Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
      Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sudah pasti diajarkan di Indonesia. Bahkan dari kita TK sampai perguruan tinggi pun kita akan mempelajari bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga dijadikan bahasa yang digunakan para guru untuk mengajar dan buku yang digunakan guru dan siswa baik itu pelajaran bahasa Indonesia maupun pelajaran lainnya semua menggunakan bahasa Indonesia. Begitu pula dengan buku-buku, koran, media seperti televisi dan internet atau jenis lainnya itu juga menggunakan bahasa Indonesia. Karna bahasa Indonesia digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.


     B.     Peran Bahasa Indonesia

            Bahasa Indonesia mempunyai peran penting yaitu sebagai sebuah sistem komunikasi yang membuat manusia (warga negara Indonesia) dapat bekerja sama. Definisi ini menekankan fungsi sosial dari bahasa dan fakta bahwa manusia menggunakannya untuk mengekspresikan dirinya sendiri dan untuk memanipulasi objek dalam lingkungannya. Teori fungsional tata bahasa menjelaskan struktur tata-bahasa lewat fungsi komunikatifnya, dan memahami struktur tata bahasa dari bahasa sebagai hasil dari proses adaptif dimana tata bahasa telah disesuaikan untuk melayani kebutuhan komunikatif penggunanya. Sebagai alat komunikasi, bahasa memiliki peranan yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari kegunaan bahasa sangat penting dalam menunjang aktivitas kehidupan bermasyarakat, tanpa bahasa mungkin dunia ini tidak akan seperti sekarang ini dan karena manusia tidak bisa melakukan apa-apa tanpa bahasa. Untuk berkomunikasi dengan seseorang kita pasti menggunakan bahasa, contoh seorang dosen yang menyampaikan materi kuliah, seorang guru yang menyampaikan pelajaran, seorang pedagang  yang menawarkan dagangannya, seorang atasan yang memberikan perintah kepada bawahannya, dan banyak lagi contoh lainnya, dan pasti itu semua menggunakan bahasa dalam melakukan aktivitasnya.

            Dalam aspek kehidupan sosial, bahasa Indonesia juga memiliki peranan yang sangat vital dalam rangka menyelesaikan persoalan-persoalan sosial masyarakat. Dewasa ini, kita sering dihadapkan dengan masalah-maslah sosial. Perbedaan suku, ras, golongan, dan agama sering menjadi pemicu terjadinya pertikaian atupun hanya karena kesalahpahaman semata.

            Adapun bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa merupakan salah satu solusi yang cukup efektif untuk menyelesaikan beberapa masalah sosial dewasa ini. Hal tersebut karena bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai alat kontrol sosial sesuai dengan fungsi bahasa itu sendiri. Dalam hal ini, bahasa merupakan alat yang dipergunakan dalam usaha mempengaruhi tingkah laku dan tindak tanduk orang lain karena bahasa memang pada dasarnya mampu mempengaruhi sikap seseorang dan juga mempunyai relasi dengan proses-proses sosialisasi masyarakat.

            Dalam konteks ilmiah bahasa Indonesia juga mempunyai peran penting dalam membuat penulisan ilmiah. Karna dalam penulisan ilmiah dibutuhkan penelitian, pengamatan, peninjauan yang nantinya harus disampaikan atau diekspresikan atau ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dalam konteks ilmiah masih banyak berbagai karangan dalam bentuk ilmiah seperti laporan praktik kerja, makalah skripsi, tesis dan lain-lain. Penggunaan tata bahasa Indonesia dalam konteks ilmiah ialah penggunaan tata bahasa yang telah mengikuti aturan EYD yang benar. Dimana dalam segi penggunaan tata bahasa, segi pemilihan kata, dan segi penggunaan tanda baca.


Fenomena Bahasa Indonesia Di Kalangan Anak Muda

           Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional yang seharusnya kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini banyak sekali media-media yang menyampaikan informasi yang tidak menggunakan bahasa baku yang terkadang menggunakan bahasa daerah, asing bahkan bahasa gaul. Hal ini menyebabkan generasi muda kita menggunakan bhasa Indonesia dengan campuran bahasa gaul didalamnya. Jika hal ini terus menerus terjadi dikalangan anak muda. Maka perlahan-lahan posisi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional mulai terlupakan oleh masyarakat Indonesia.

           Menurut saya banyaknya generasi muda menggunakan bahasa Indonesia yang tidak menggunakan EYD adalah dampak dari perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju. Karna sebagian besar anak muda merasa lebih nyaman dalam berkomunikasi dengan bahasa gaul yang tidak baku. Maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar baik dalam ruang lingkup formal maupun non formal. Kita belajar sedikit-sedikit tata bahasanya, memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam berbahasa juga pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari dan yang terpenting adalah membiasakan diri berbahasa Indonesia dengan baik. Agar bahasa Indonesia tidak tergilas dan terlupakan oleh masyarakat khususnya anak muda.


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar