Social Icons

Arif Rahmanto

Selasa, 24 September 2013

Pengalaman Tentang Organisasi Yang Pernah Diikuti


Saya akan menceritakan pengalaman saya dalam berorganisasi. Sebelum menceritakan pengalaman saya ada baiknya jika saya menjelaskan apa itu organisasi. Menurut saya, Organisasi adalah sekelompok individu yang terstruktur secara sistematis dalam suatu sistem yang memiliki tujuan bersama. Dengan mengikuti organisasi kita akan mendapatkan banyak pengalaman, belajar memahami sifat orang lain dan, pendewasaan, belajar mengemukakan pendapat, mendapat ilmu dan juga dapat bekerja sama dengan baik. Banyak sekali organisasi yang ada di sekolah salah satunya adalah OSIS dan Pramuka.

OSIS adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah. Pengalaman mengikuti organisasi ini adalah ketika saya SMP. Bisa dibilang saya cukup aktif didalam OSIS terutama pada saat kelas 2 SMP karna pada saat kelas 1 saya sibuk dengan ekskul futsal dan pada saat kelas 3 sudah tidak aktif lagi karna sudah sibuk dengan pendalaman materi sebagai persiapan UN. Pada saat itu saya menjabat sebagai Bendahara 2. Sebenarya tugas ini cukup berat bagi saya karna saya belum berpengalaman terutama dalam memegang uang/kas OSIS meskipun hanya bendahara 2 tapi itu tetap menjadi tanggung jawab saya. Karna semua tugas yang diberikan kepada saya adalah sebuah amanat yang harus saya lakukan dengan baik.

         Banyak hal yang berkesan ketika saya mengikuti OSIS. Sebagai Bendahara 2 saya memiliki tugas yaitu Membantu bendahara dalam segala urusan keuangan yang diperlukan, Ikut membantu mengawasi pemasukan / pengeluaran yang diperlukan, Menggantikan Bendahara 1 jika berhalangan, Membantu mencatat segala kegiatan untuk bahan laporan keuangan secara berkala dan menyiapkan tanda bukti pembayaran kwitansi, Mengkoordinasikan Seksi Transportasi, Pendidikan, Sosial dan lain-lain. Selain tugas tersebut masih banyak tugas lainnya seperti meminta uang amal ke setiap kelas pada hari jum’at atau pada saaat ada siswa/orang tua yang meninggal, membantu menertibkan teman-teman pada saat upacara, menjadi panitia MOS (Masa Orientasi Siswa).

Meskipun saya terkadang ketinggalan materi pelajaran tapi saya senang menjalaninya dan saya bisa meminjam buku teman jika saya tertinggal materinya. Salah satu manfaat yang saya rasakan sampai pada saat ini adalah saya dapat memanajemen uang (pribadi) dengan baik. Salah satu hal yang sangat bermanfaat dalam mengikuti organisasi OSIS adalah ketika ada rapat OSIS, karna pada saat rapat semua anggota harus berpikir bersama untuk mencapai suatu tujuan dan juga belajar berbicara dihadapan orang banyak, ini sangat melatih mental berbicara di depan orang lain meskipun itu teman kita sendiri.

Pada saat SMK saya tidak terlalu aktif dalam kegiatan organisasi khususnya OSIS. Meskipun tadinya ingin mengikuti seperti pada saat SMP tapi saya terlalu sibuk terutama pada saat kelas 2, karna saya harus PKL selama 2 bulan dan juga harus mengurus laporan tiap minggunya kemudian membuat jurnal untuk sidang. Jadi sangat memakan banyak waktu sehingga saya menjadi tidak aktif dalam kegiatan OSIS. Tetapi pada kelas 1 SMK saya mengikuti organisasi Pramuka. Di sekolah saya semua siswa kelas 1 wajib untuk mengikuti pramuka setiap hari sabtu dari jam 7 pagi sampai jam 10 pagi. Jika tidak mengikuti pramuka pada hari sabtu maka akan mendapatkan sanksi pada hari senin setelah selesai upacara.

Gerakan Praja Muda Karana adalah organisasi kepemudaan yang berorientasi kepada pengabdian kepada Negara. Tujuan dari Gerakan Pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya untuk menjadi generasi muda Indonesia yang baik. Saya diajarkan tentang pentingnya kedisiplinan di dalam Pramuka. Semua orang pasti membutuhkan pengalaman berorganisasi, karna sebagai makhluk social kita harus berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain agar pekerjaan yang kita lakukan akan terasa lebih ringan.

Belajar berganisasi tidak bisa kita pelajari hanya dengan membaca/teori tetapi harus terjun langsung didalam kegiatan organisasi karna pengalam organisasi dapat manambah wawasan terutama dalam organisasi, dan didunia kerja pun kita harus pandai bekerja tim karna biasanya seperti itu. Maka dengan mengikuti organisasi kita bisa sambil belajar untuk hal itu. Sedikit pengalaman saya yang dapat saya tulis disini semoga dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar