Social Icons

Arif Rahmanto

Senin, 10 Juni 2013

Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar adalah mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, kebudayaan, dan masalah yang ada sehari-hari. Maka dari itu dengan mempelajari ilmu budaya dasar kita dapat mengetahui latar belakang pengetahuan yang luas tentang kebudayaan kita sendiri yang nantinya akan berdampak pada keinginan untuk mempelajari dan mendalaminya. Harus diketahui bahwa ruang lingkup pendidikan di Negara kita amat sempit dan yang membuat masyarakat kita tidak berpandangan luas. Maka dari itu diharapkan kegunaan mata kuliah ini, agar lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan bahan pembicaraan.
Pada mata kuliah Ilmu Budaya Dasar setiap mahasiswa diharapkan nantinya memiliki latar belakang, wawasan dan pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia. Dengan memahami mata kuliah ini mahasiswa mempunyai kesadaran akan budayanya sendiri. Jadi secara singkat, dapat dikatakan bahwa setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memperlihatkan minat, kesadaran, kerelaan, dan keberanian moral.
Ilmu Budaya Dasar Sebagai Bagian Dari Mata Kuliah Dasar Umum Secara khusus mata kuliah ini bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berjiwa pancasila, takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan berwawasan luas.Pengertian Ilmu Budaya DasarIlmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang memberi pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.Latar belakang IBD dalam konteks Budaya, Negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan yang pertama adalah Kenyataan bahwa Indonesia memiliki berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang terlihat dari berbagai aspek kebuadayaannya. yang kedua adalah Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak positif dan negative berupa terjadinya perubahan dan pergeseran system nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusia pun terkena pengaruhnya. yang ketiga adalah Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan peruban kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya. Akibat dampak negative teknologi, manusi kini menjadi resah dan gelisah.

- IBD Sebagai Mata Kuliah Dasar Umum
Secara khusus MKDU bertujuan untuk:
1.  Berjiwa pancasila
2. Takwa terhadap Allah swt
3. Memiliki wawasan luas tehadap budaya Indonesia

- Pengertian Ilmu Budaya Dasar
            Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.Istilah ilmu budaya dasar telah dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berkaitan dengan nilai – nilai yaitu nilai – nilai manusia sebagai homo  humanus atau manusia berbudaya. Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga besar, yaitu:
1. Ilmu-ilmu alamiah (natural science)
2. Ilmu-ilmu social (social science)
3. Pengetahuan budaya (the humanities) 

- Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah memperluas pengetahuan kita serta wawasan pemikiran serta kemampuan kritikal terhadap nilai – nilai budaya, baik yang menyagkut orang lain dan alam sekitarnya. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat Menajamkan kepekaan terhadap lingkungan budaya sehingga lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru terutama dalam keoentingan pekerjaan, Memperluas pandangan terhadap masalah manusia dan budaya serta mangembangkan pola piker terhadap persoalan yang menyagkut kedua hal tersebut, Memperluas ruang lingkup pendidikan, Memperluas wawasan komunikasi

- Ruang Lingkup IBD
Masalah pokok untuk menentukan ruang lingkup IBD adalah:
1. Aspek kehidupan yang merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya,baik dari segi keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2. Hasil manusia yang universal akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayan masing – masing zaman dan tempat.
Pokok bahasan yang dikembangkan adalah:
1. Manusia dan cinta kasih
2. Manusia dan keindahan
3. Manusia dan penderitaan
4. Manusia dan keadilan
5. Manusia dan pandangan hidup
6. Manusia dan tanggung jawab
7. Manusia dan kegelishan
8. Manusia dan harapan
Ilmu budaya dasar bukan ilmu sasatra,tari, filsafat, dan ilmu lain. IBD menggunakan karya – karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk mendekati masalah kemanusiaan dan budaya. Dari delapan pokok pembahasan tersebut sudah termasuk dalam karya-karya yang sudah ada dalam budaya kita. Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam karya sastra, tarian, musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya.
Maka dari itu setiap pokok bahasan dapat didekati dengan baik menggunakan cabang-cabang pengetahuan budaya secara sendiri-sendiri maupun secara gabungan cabang-cabang tersebut. Pokok bahasan manusia dan cinta kasih misalnya, dapat didekati dengan menggunakan karya seni sastra, atau filsafat atau seni tari dan sebaginya. Disamping itu pokok bahasan manusia dan cinta kasih juga dapat didekati dengan menggunakan gabungan karya seni sastra, karya seni tari, atau filsafat dan sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar