Social Icons

Arif Rahmanto

Kamis, 27 Juni 2013

TUGAS 3 Pengalaman Tentang Tanggung Jawab


Saya ingin menuliskan pengalaman tentang tanggung jawab. Menurut saya tanggung jawab adalah hal yang mutlak yang dimiliki oleh setiap individu, tanggung jawab adalah suatu kewajiban yang tidak dapat diabaikan begitu saja, kita terikat oleh kata tersebut. Sejak lahir kita telah mendapat tanggung jawab untuk menjadi sosok makhluk yang baik dihadapan Sang Maha Pencipta. Semenjak sayaberanjak remaja saya mempunyai tanggung jawab sebagai anak untuk menjaga nama baik keluarga, dan beranjak dewasa kita memiliki tanggung jawab untuk membawa diri kita menjadi pribadi yang utuh yang lebih baik, sekaligus sebagai pembuktian terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil dari tanggung jawab yang telah kita jalani.

Sebagai mahasiswa terkadang disaat saya merasa lelah dengan berbagai tugas yang menumpuk yang seakan-akan selalu mengejar saya, tetapi itu semua adalah pilihan saya untuk menjadi mahasiswa dan tugas juga bisa dikatakan sebagai tangung jawab. Tanggung jawab saya sebagai mahasiswa adalah dengan belajar, lulus dengan lulus dengan maksimal agar mendapat IP tinggi. Selain itu, tugas saya sebagai mahasiswa adalah harus bisa mengembangkan pribadi agar menjadi pribadi yang baik di masa depan. Tanggung jawab lain yang harus saya pikul adalah harus kuliah dengan serius karna biaya kuliah tidaklah murah. Maka dari itu saya memotivasi diri saya agar menjalani kuliah dengan serius, tidak main-main agar semua biaya yang telah dikeluarkan orang tua untuk saya tidak sia-sia.
Tanggung jawab juga bisa menjadikan motivasi bagi kita agar semua yang kita jalani ini tidak sembarangan. Tugas dan segala kewajiban yang harus saya selesaikan sebagai mahasiswa agar saya dapat lulus dan mendapatkan nilai yang baik yang mereka inginkan. Itu adalah contoh dari tanggung jawab yang sekarang saya pikul, untuk mendapatkan nilai yang baik mereka harus menyelesaikan apa yang harus mereka selesaikan, jadi untuk mendapatkan suatu hal yang kita harapkan, kita haruslah berjalan, melewati segala proses, tidak hanya terjadi secara instan dan mudah.

Dan itulah tanggung jawab walaupun cukup membebankan tapi setimpal dengan apa yang nantinya akan kita dapatkan jika kita bersungguh-sungguh menjalankannya. Disaat tanggung jawab yang kita pikul terasa berat, kita ingin lari dan menjauh dari tanggung jawab tersebut, tapi itu hanyalah hal sia sia yang tidak menampakkan hasil akhir. Bahkan yang timbul nantinya adalah kesuliatan dan kerugian bagi orang lain.


Tanggung jawab bukan lah hal buruk yang akan membebani hidup kita, tetapi dari tanggung jawab kita dapat belajar banyak hal positif seperti proses pendewasaan diri. Apalagi suatu hari nanti saya akan menjadi seorang kepala keluarga tanggung jawab saya semakin besar karna harus memenuhi kebutuhan keluarga. Dari tanggung jawab kita dapat melihat sudah sejauh mana kita dapat melewati ujian dan tantangan yang ada dihadapan kita, tanggung jawab dapat dikatakan tantangan dalam hidup ini, karena mau tidak mau kita harus melaluinya jika kita ingin maju. Jadi pada dasarnya semua manusia memuliki tanggung jawab apapun pekerjaan yang mereka ambil ataupun pilihan yang mereka pilih semua pasti ada risikonya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar