Sumber
:
http://veny-tioanah.blogspot.com/2015/01/ami-c-automotif-multimedia-interface.html
http://imammulya21.wordpress.com/2009/12/04/middleware-telematika/
http://taarahay.blogspot.com/2012/11/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
http://kaka-isenkdoank.blogspot.com/2012/12/bagaimana-fungsional-kolaborasi.html
Kolaborasi antar-muka
otomatif multimedia atau dalam bahasa inggris disebut Automotive Multimedia
Interface Collaboration (AMI-C). Kika kita definisikan kata-kata di dalamnya,
terdapat kata otomotif, menurut wikipedia, otomotif adalah ilmu yang
mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin,
terutama mobil dan sepeda motor. Maka dapat disimpulkan bawa AMI-C berhubungan
dengan interface & multimedia dalam dunia transportasi.
AMI-C adalah sebuah
organisasi yang dibentuk untuk menetapkan standarisasi yang digunakan untuk
mengatur bagaimana perangkat elektronik dapat bekerja seperti komputer &
alat komunikasi pada kendaraan, sehingga alat-alat elektronik tersebut dapat
bekerja dengan baik dan sesuai dengan kendaraan. Karena belum tentu alat-alat
elektronik tersebut sesuai (compatible) dengan setiap kendaraan (mobil) oleh
karena itu diperlukan standar agar perangkat elektronik tersebut tidak
mengganggu kerja sistem mobil.
Sejarah
AMI-C
The Automotive Multimedia
Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk
mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem
elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer
perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri
Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok
semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis
baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di
belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu
memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru.
Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi
seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan
untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
A. Arsitektur Kolaborasi Antarmuka Otomotif
Multimedia
Depan yang berbeda, The
Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia
cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394
AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
·
AMI-C 3023 Power Management Specification.
·
AMI-C 3013 Power Management Architecture.
·
AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management.
·
AMI-C 3034 Power Management Test Documents.
·
AMI-C 4001 Revision Physical Specification.
B. Fungsional Kolaborasi Antarmuka Otomotif
Multimedia
Antarmuka Otomotif
Multimedia Telematika yang dimaksud disini adalah Automotive Multimedia
Interface Collaboration atau yang lebih dikenal dengan singkatan AMI-C, adalah
suatu bentuk pengembangan dan stadarisasi yang umum multimedia dan telematika
otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi.
Pada dasarnya kolaboasi
antarmuka otomotif multimedia itu sendiri adalah sebuah organisasi yang mana
organisasi ini dibentuk guna menciptakan standarisasi dunia yang digunakan
dalam mengatur bagaimana sebuah perangkatelektronik dapat bekerja sebagaimana
yang diharapkan. Dimana setiap alat elektronik ini harus dapat bekerja dengan
selaras sehingg kendaraan dapat lebih handal ketika digunakan. Sebelum memasang
perangkat ini, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mencocokkan dengan jenis
atau tipe kendaraan yang digunakan, karena pada dasarnya belum tentu perangkat
yang akan dipasang akan selalu cocok dengan kendaraan yang digunakan, karena
itulah perlu dibuat standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia. Sudah
terdapat beberapa anggota yang aktif dalam organisasi Automotive Multimedia
Interface Collaboration (AMI-C), diantaranya adalah : Fiat, Ford, General
Motors, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Cotroen, dan Renault.
C. Struktural Kolaborasi Antarmuka Otomotif
Multimedia
Kolaborasi Antar muka
Otomotif Multimedia adalah Sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat (maker)
untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara
kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi
dengan kendaraan. Dan memiliki anggota: Fiat, Ford, General Motors, Honda,
Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault.
Automotive Multimedia
Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update
internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi
tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt,
Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu
kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan
struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang
diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,”
Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk
bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk
memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama“.
Acton menekankan bahwa AMIC
terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada
bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak
perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW.
Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah
kantor di San Francisco di masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar