Social Icons

Arif Rahmanto

Kamis, 29 Januari 2015

Peran UG dalam mencerdaskan kehidupan bangsa



Dunia pendidikan adalah suatu aspek yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam mewujudkan kemajuan suatu bangsa. Karena dengan adanya dunia pendidikan akan melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang akan memajukan, membangun dan meneruskan cita-cita para pendiri bangsa. Seiring perkembangan zaman dan majunya teknologi, menuntut masyarakat Indonesia harus berpendidikan tinggi. Apabila tidak seperti itu, maka orang tersebut akan ketinggalan zaman dan tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi.
Perguruan tinggi menjadi salah satu wadah bagi para siswa yang ingin melanjutkan studinya kejenjang yang lebih tinggi yang nantinya akan dapat memberikan peran besar bagi lingkungan dan masyarakatnya bahkan negaranya. Karna perguruan tinggi dapat menghasilkan SDM yang mumpuni dan ahli di dalam bidangnya masing-masing sesuai dengan jurusan yang diambil.

Salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang masuk 10 besar daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Universitas Gunadarma. Universitas ini mampu menghasilkan lulusan yang baik secara akademik maupun skill yang mumpuni. Banyak orang-orang hebat yang lulus dari Universitas ini. Kampus ini memiliki visi dan misi sebagai berikut:
1.      Visi
Pada tahun 2017 Universitas Gunadarma menjadi perguruan tinggi swasta terkemuka yang bereputasi internasional, memiliki jejaring global, dan memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan daya saing bangsa

2.      Misi
a.       Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.
b.      Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf International dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
c.       Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai pengejawantahan tanggung jawab sosia institusi.
d.      Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri,
e.       Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon pelbagai perubahan yang terjadi.

Universitas Gunadarma memiliki 6 fakultas program sarjana yang terdiri dari:
1.      Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Fakultas ini memiliki 2 jurusan yaitu Sistem komputer dan Sistem Informasi
2.      Fakultas Ekonomi
Fakultas ini memiliki 2 jurusan yaitu Manajemen dan Akuntansi
3.      Fakultas Teknologi Industri
Fakultas ini memiliki 4 jurusan yaitu Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknik Mesin
4.      Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Fakultas ini memiliki 2 jurusan yaitu Teknik Arsitektur dan Teknik Sipil
5.      Fakultas Psikologi
Fakultas ini memiliki 1 jurusan yaitu Psikologi
6.      Fakultas Sastra
7.      Fakultas ini memiliki 1 jurusan yaitu Sastra Inggris

Dari semua fakultas dan jurusan yang tertera diatas harapannya Universitas Gunadarma dapat menjadi salah satu universitas yang banyak menyalurkan generasi-generasi hebat dari lulusan yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Kelebihan yang dimiliki kampus ini adalah Universitas Gunadarma memiliki cabang yang banyak di beberapa kota besar sehingga dapat menyaring para mahasiswa yang tinggal di daerah tersebut.

Universitas Gunadarma menjadi salah satu Universitas di Indonesia dengan jumlah mahasiswa terbanyak. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya setiap tahun mahasiswa-mahasiswa baru yang mendaftar di kampus ini. Hal ini menjadi bukti bahwa banyak masyarakat yang mendaftarkan diri ke Universitas ini karna telah terbukti Universitas Gunadarma mampu menjadikan lulusannya menjadi lulusan yang berkualitas sehinga dapat mencerdaskan kehiduoan bangsa.

Di tengah persaingan global yang semakin maju. Diharapkan para mahasiswa dari Universitas Gunadarma nantinya dapat berkompetisi di era yang semakin maju. Karena salah satu problem yang ada di negara kita adalah kurangnya sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas. Maka dari itu Universitas Gunadarma berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia juga semakin maju.

Sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma saya dan kita semua harus mempunyai cita-cita yang luhur guna memajukan dan mencerdaskan bangsa. Dalam upaya mewujudkan cita-cita itu, tentu banyak permasalahan, tantangan, hambatan, rintangan, dan bahkan ancaman yang harus dihadapi. Masalah-masalah yang harus kita hadapi itu beraneka ragam corak dan dimensinya. Banyak masalah yang timbul sebagai warisan masa lalu, banyak pula masalah-masalah baru yang terjadi sekarang ataupun yang akan datang dari masa depan kita.

Dalam menghadapi beraneka persoalan tersebut, selalu ada kecemasan, kekhawatiran, atau bahkan ketakutan-ketakutan sebagai akibat kealfaan atau kesalahan yang kita lakukan atau sebagai akibat hal-hal yang berada di luar jangkauan kemampuan kita, seperti karena terjadinya bencana alam atau karena terjadinya krisis yang nantinya akan menerpa negara kita. untuk strata S1, seorang mahasiswa diharapkan mampu memahami suatu konsep, dapat memetakan permasalahan dan memilih solusi terbaik untuk permasalahan tersebut sesuai pemahaman mendalam konsep yang telah dipelajari. Untuk strata S2, mahasiswa diharapkan mampu merumuskan sesuatu yang berguna atau bernilai lebih untuk bidangnya. Sedangkan S3 diharapkan mampu menyumbang ilmu baru bagi bidangnya.

Dari semua strata ada hal yang harus terus secara konsisten diperlihatkan oleh mahasiswa. Yaitu dalam menghadapi permasalahan, seorang mahasiswa harus melakukan analisa terhadap masalah itu. Mencari bahan pendukung untuk lebih memahami permasalahan tersebut. Kemudian memunculkan alternatif solusi dan memilih satu solusi dengan pertimbangan yang matang. Dan pada akhirnya harus mampu mempresentasikan solusi yang dipilih ke orang lain untuk mempertanggung jawabkan pemilihan solusi tersbut.

Maka dari itu sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma kita semua harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi mahasiswa yang berkualitas dengan cara meningkatkan prestasi akademik juga mengembangkan skill, serta pandai dalam berorganisasi karna semua itu akan sangat berguna di masa depan. Kita dapat melakukan berbagai macam perubahan. Perubahan sederhana bisa kita lakukan di lingkungan masyarakat kita.

Jika 1 mahasiswa dapat menciptakan perubahan di lingkungannya maka bayangkan berapa jumlah mahasiswa Universitas gunadarma apabila melakukan hal yang sama. Tentu akan menjadi dampak yang sangat besar menjadi sebuah kemajuan dan langkah yang lebih baik. Diharapkan mahasiswa Universitas Gunadarma memiliki kemampuan yang harus dimiliki seorang mahasiswa.
1.      Soft skill (Kemampuan Kepribadian)
a.       Soft Skill atau kemampuan kepribadian adalah salah satu faktor untuk sukses pada pendidikan yang ditempuh dan juga penentu untuk masa depan seseorang dalam menjalani hidupnya.
b.      Karena soft skill hampir 80 % menentukan keberhasilan seseorang.

2.      Kemampuan soft skill yang perlu dimiliki seorang mahasiswa
a.       Manajemen waktu
b.      Kepemimpinan (leadership)
c.       Tingkat kepercayaan yang tinggi (self confidence)
d.      Selera humor yang tinggi (sense of humor)
e.       Memiliki keyakinan dalam agama (spiritual capital)

3.      Hard Skill (Kemampuan Intelektual)
Kemampuan intelektual hanya mendukung 20 % dari pencapaian prestasi dan keberhasilan seseorang. Jika kemampuan soft skill ini kita punyai, maka kita akan menjadi orang yang baik di masa depan, sebab saat ini yang terjadi banyak orang yang penting tapi sedikit yang baik

Peran mahasiswa Universitas Gunadarma bagi bangsa dan negeri ini bukan hanya duduk di depan meja dan dengarkan dosen berbicara, akan tetapi mahasiswa juga mempunyai berbagai peran dan caranya tersendiri dalam melaksanakan perubahan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, peran tersebut adalah sebagai generasi penerus yang melanjutkan dan menyampaikan ilmu yang didapatkan di dalam kampus serta nilai-nilai kebaikan pada lingkungan tempat tinggalnya umumnya dan negara khususnya, sebagai generasi pengganti yang menggantikan kaum yang sudah rusak moral dan perilakunya, dan juga sebagai generasi pembaharu yang memperbaiki dan memperbaharui kerusakan dan penyimpangan negatif yang ada pada suatu masyarakat.

Peran ini senantiasa harus terus terjaga dan terpartri didalam dada mahasiswa Indonesia baik yang ada didalam negeri maupun mahasiswa yang sedang belajar diluar negeri. Apabila peran ini bisa dijadikan sebagai sebuah pegangan bagi seluruh mahasiswa Indonesia, “ruh perubahan” itu tetap akan bisa terus bersemayam dalam diri seluruh mahasiswa Indonesia.

Universitas Gunadarma sering mengadakan kompetisi berbagai bidang, seperti olahraga, teknologi informasi dan lain-lain. misalnya lomba desain, program dan lain-lain. Tujuan diadakan kompetisi semacam ini adalah untuk mengasah kemampuan mahasiswa serta mengetahui seberapa besar minat mahasiswa dalam mengikuti kompetisi yang diadakan dan mendorong mahasiswa untuk belajar dan memperdalam bidang yg di ikut sertakan. Tujuan lainnya adalah mencari bibit-bibit baru didalam dibidang yang di lombakan.

Selain kompetisi Universitas Gunadarma juga menyediakan berbagai macam UKM yang dapat di ikuti setiap mahasiswa sesuai bidang yang diinginkan untuk pengembangan diri, mengasah kemampuan dan bakat serta kepedulian sosial, diantaranya adalah ukm di bidang olahraga, bidang ilmiah, bidang kerohanian dan lain-lain. Ukm ini didukung dan diberikan fasilitas sepenuhnya oleh pihak Universitas Gunadarma. Sehingga dari ukm-ukm ini dapat memberikan prestasi dan membanggakan kepada kampus.

Pihak Universitas Gunadarma juga terdapat BEM atau badan eksekutif mahasiswa yang terdapat di setiap hakultas seperti BEM FIKTI, BEM FE, BEM FTI dan lain-lain serta himpunan mahasiswa seperti HIMSI (Himpinan Mahasiswa Sistem Informasi), HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) dan lain-lain. Dari semua organisasi-organisasi ini semuanya memiliki manfaat yaitu dapat berkomunikasi dengan baik, mengatur waktu, dapat bersama-sama mencapai tujuan, menyelesaikan masalah, menentukan pendapat terbaik, menerima pandangan orang lain, belajar berdiplomasi, kepemimpinan, memahami karakter orang lain, menambah wawasan, membantu mengemukakan pendapat, berani berbicara di depan orang banyak, menambah wawasan dan pengetahuan baru serta memperbanyak teman.

Karena sebagai mahasiswa kita harus memperbanyak chanel atau jaringan pertemanan itu sangan baik yang nantinya akan mempermudah kita di masa depan. Yang terpenting adalah saat kita mengikuti organisasi dan aktif didalam organisasi tersebut jangan sampai melalaikan kewajiban sebagai mahasiswa yaitu belajar. Semoga Universitas Gunadarma dapat menjadi pelopor menciptakan generasi penerus bangsa yang mampu memajukan serta mencerdaskan bangsa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar