Social Icons

Arif Rahmanto

Jumat, 05 Oktober 2012

ISD Sebagai salah satu MKDU


      Ilmu Sosial Dasar adalah salah satu mata kuliah dasar umum yang wajib diberikan baik diperguruan tinggi negeri maupun swasta.Tujuannya  sebagai bekal mahasiswa agar peduli terhadap masalah sosial yang bermacam-macam ada dilingkungannya dan bisa menyelesaikannya. Ilmu sosial dasar diselenggarakan dengan tujuan salah satunya adalah untuk membentuk kepribadian mahasiswa agar bisa berperan di masyarakat, agama, maupun negaranya. Juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap masalah-masalah sosial yang sering terjadi di dalam masyarakat Indonesia. Dan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar setiap mahasiswa dapat berfikir kritis dan kreatif dengan demikian mahasiswa diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. 
    Ilmu sosial dasar termasuk salah satu mata kuliah dasar umum yang menghasilkan sarjana yang tindakannya mencerminkan nilai-nilai pancasila yang mengutamakan kepentingan nasional dan kemanusiaan, kemudaian diharapkan para sarjana menjadi sarjana yang bertaqwa, yang menjalankan agamanya dengan baik, dan bersikap sesuai dengan ajaran agamanya dan tidak lupa bertoleransi terhadap pemeluk agama lain. Lalu masiswa diharapkan mempunyai wawasan yang luas dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan, baik sosial dan lain sebagainya. Kemudian sarjana diharapkan mempunyai wawasan kebudayaan yang baik, dan dapat ikut serta dalam kehidupan masyarakat dan mampu berperan dengan baik.Latar belakang diberikannya ISD karna banyaknya kritik yang diberikan kepada sistem pendidikan kita. Karna sistem pendidikan kita dahulu warisan sistem pendidikan Belanda. 

     Sistem ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga yang terampil yang akan dijadikan alat untuk mengeksloitasi kekayaan negara .Sistem ini hanya menghasilkan tenaga terampil yang punya keahlian khusus dan mendalam sehingga wawasannya sempit. Jadi hanya bisa memiliki kemampuan yang telah diajarkan sesuai bidangnya atau jurusannya. Sistem pendidikan kita kurang akrab dengan masyarakat. Perguruan tinggi seperti hanya menghasilkan sarjana yang menjadi tukang dan tidak mengetahui kebutuhan dan perkembangan di masyaraakat. Maka dari itu perguruan tinggi diharapkan mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang mempunyai kemampuan sebagai berikut:
1. Kemampuan Akademis, yaitu kemampuan berkomunikasi yang baik, mampu merumuskan masalah dan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.
2. Kemampuan professional, yaitu kemampuan yang memiliki keterampilan dan pengetahuan sesuai profesi yang digelutinya.
3. Kemampuan personal, yaitu kemampuan yang mencerminkan kepribadian, memiliki kepekaan, dan punya pandangan yang luas terhadap masalah yang ada di Indonesia
     Dengan kemampuan tersebut para sarjana diharapkan menjadi sarjana yang berkualitas dan dapat mengabdikan pengetahuan dan keterampilannya kepada Negara. Adapun yang menjadi sasaran adalah banyaknya golongan dan kesatuan social yang memiliki kebutuhan dan kepentingan masing-masing dan cara berpikir serta tingkah laku yang berbeda-beda dan menyebabkan terjadinya pertentangan meskipun disisi lain ada banyak juga persamaan di antara meraka, baik itu kebutuhan dan kepentingan serta tingkah laku mereka sendiri.
     ISD bukanlah disiplin ilmu tersendiri tetapi menggunakan pengerian yang berasal dari berbagai bidang untuk mengatasi masalah sosial yang ada di Indonesia. Maka dari itu ISD diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan juga pola pikir yang dikembangkan untuk mahasiswa dalam menghadapi masalah-masalah di lingkungan sosialnya.Tujuan dari ISD itu sendiri sebagai pembentukan kepribadian mahasiswa, memberikan pengetahuan tentang apa yang terjadi di lingkiungan masyarakat menambah pengetahuan, juga memiliki wawasan yang luas dan mampu menghadapi manusia dengan apa yang dimilikinya.
Ilmu pengetahuan dibedakan menjadi 3 bagian yaitu :
1. Ilmu alamiah adalah ilmu yang terdapat di alam semesta ini. Bagaimana manusia bias mengkajinya yang kemudian di buat analisisnya dan hasilnya akan di generalisasikan.
2. Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antar manusia. Untuk mempelajarinya dibutuhkan buku dari ilmu alamiah. Keteraturan hubungan manusia tidak berubah dari waktu ke waktu.
3. Pengetahuan budaya adalah bertujuan untuk memahami tentang budaya yang ada dilingkungan masyarakat dengan cara pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kejadian unik lalu diberi arti.

     Manusia sebagai makhluk sosial sudah pasti akan ada masalah sosial yang terjadi dilingkungannya. Dan masalah sosial tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Masalah yang timbul itu adalah akibat dari hubungan manusia dengan manusia lain karna tingkah laku yang berbeda-beda. Di setiap lingkungan sosial pasti masalah sosial yang terjadi juga berbeda-beda dengan yang lainnya, ini disebabkan karna lingkungan alam yang berbeda, perkembangan kependudukan yang berbeda dan sifat kependudukan yang berbeda juga.
Yang membedakan masalah yang satu dengan yang lainnya adalah selalu berkaitan dengan moral, dan pranata-pranata yang ada di masyarakat tersebut. Pengertian masalah ini di bedakan menjadi dua bagian, yang pertama adalah menurut umum, jadi setiap masalah yang terjadi itu yang menyangkut tentang kepentingan umum disebut masalah umum. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya seperti perkembangan penduduk, sifat kependudukan, lingkungan alam yang berbeda salah satu dari ketiga sebab tersebut pasti akan menimbulkan masalah. Pengertian yang kedua adalah menurut para ahli, masalah ini terjadi disebabkan oleh perbedaan pendapat dan pengetahuan masing-masing individu dengan sifat yang berbeda pula yang dapat menimbulkan masalah di masyarakat secara keseluruhan.
      Misalnya pedagang kaki lima, sebenarnya itu bukan masalah karna pedagang kaki lima hanya berjualan di pinggir jalan dan hanya untuk mencari nafkah untuk memenuhi kelangsungan hidup mereka. Tetapi masalahnya pedagang kaki lima yang letaknya di pinggir jalan atau di trotoar itu menyababkan memakan ruas jalan yang membuat jalan menjadi sempit, akhirnya terjadi kemacetan di tempat tersebut . dan masalah ini menyangkut masalah lalu lintas yang dapat mengganggu kenyamanan bagi pengguna jalan.
Dengan adanya pedagang kaki lima ini bisa menimbulkan kejahatan, dengan ramainya pembelinya ataupun kendaraan banyak yang melintas disana menyebabkan tempat itu menjadi rawan kejahatan. Masalah ini mempunyai pengaruh terhadap kehidupan masyarakat disitu baik ada yang menyukai maupun tidak.
Maka dari itu seharusnya ada pemindahan tempat atau para pedagang kaki lima yang berjualan ditempat itu sebaiknya dipindahkan dijalan yang bukan jalan utama atau jalan yang tidak dipadati kendaraan atau pun dipindahkan ke pasar agar para pedagang di khususkan untuk berdagan dipasar supaya pedagang kaki lima bisa berjualan dengan tenang dan pengendara bisa mendapat kenyamanan dan kelancaran saat berkendara karna sudah tidak terjai kemacetan lalu lintas di tempat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar