Social Icons

Arif Rahmanto

Rabu, 07 November 2012

Pemuda dan Sosialisasi (tulisan)


         Pemuda adalah sebuah jenjang dari perjalanan hidup setiap manusia. Pemuda bukan hanya sekelompok orang yang hidup berdampingan dengan kita, tetapi pemuda juga salah satu penerus bangsa di masa yang akan dating. Maka dari itu para pemuda kita ini harus dididik dan dibina agar bisa menjadi penerus yang baik dan cerdas dalam menghadapi berbagai masalah di kehidupan yang akan datang.
         Maka dari itu pemuda juga harus bisa bersosialisasi dengan lingkungannya. Dengan sosialisaasi maka para pemuda dapan berperan dalam masalah sosial yang ada di masyarakat. Dewasa ini banyak pemuda-pemuda kita yang sudah tidak peduli lagi terhadap lingkungan dan masyarakatnya. Mereka seolah-olah hanya memikirkan kepentingan dan kesenangan pribadi, dan tidak turut serta dalam berperan di masyarakat dan juga telah kehilangan kesadaran untuk mengabdi kepada masyarakat.
         Dengan keanekaragaman sifat dan karakter yang dimiliki oleh pemuda, maka dari itu diperlukan pembinaan dan pengembangan kea rah yang lebih baik. Karna setiap pemuda banyak berhadapan dengan sosialisasi. Misalnya di sekolah, di tempat kuliah, dilingkungannya, ataupun bersama teman-temannya. Dan dari semua itu sangat berpengaruh terhadap sikap dan pola hidup para pemuda ini di masyarakat.
        Dengan hal itu, semakin banyaknya pemuda di Indonesia pasti banyak juga permasalahan yang ditimbulkan oleh pemuda kita kini. Seperti pergaulan bebas yang sudah marak di negara kita ini, kemudian putus sekolah dan ancaman dari narkobaSalah satu yang bisa saya ambil contoh adalah narkoba. Mengapa narkoba? Karna narkoba sudah menyebar ke kalangan pemuda kita, tanpa sepengetahuan orang tua atau aparat-aparat mungkin setiap pemuda bisa memakai barang haram yang satu ini.
         Narkoba itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Karna bukan hanya memberikan penyakit dan juga kecanduan, tetapi juga berpengaruh pada mental orang yang menggunakan narkoba. Sudah pasti orang yang menggunakan narkoba dijamin sudah tidak akan berprestasi lagi. Mau dibawa kemana bangsa kita jika pemudanya seperti ini, meskipun tidak semua pemuda kita seperti hal demikian.
        Maka dari itu narkoba bukan hanya merugikan pemakainya, tetapi merugikan keluarga, agama dan juga bangsa. Salah satu penyebabnya adalah keluarga. Mungkin pemuda kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya yang super sibuk mengerjakan berbagai macam aktivitas kantornya, ataupun orang tua yang bercerai (broken home), atau mungkin kehancuran di dalam keluarga yang membuat ia mencoba narkoba. Kemudian penyebab lainnya adalah salahnya pergaulan. Karna jika seseorang bergaul di lingkungan tertentu dengan orang tertentu pula, maka akan berdampak kepada pemuda itu sendiri. Maka seharusnya pemuda itu harus pandai untuk memilih tempat bergaul.
         Dalam bergaul orang tua juga harus berperan didalamnya, arna hanya orang tua satu-satunya orang yang mempunyai hak untuk mengatur dan memilihkan kepada anaknya lingkungan dan tempat pergaulan yang baik untuk anaknya. Pilihlah lingkungan bergaul yang agamis, yang diisi oleh pemuda-pemuda yang baik dan religius agar pemuda bisa ikut menjadi baik di lingkungan ini. Kehidupan baik sosialisasi pn baik. Kurangnya siraman agama juga menjadi salah satu penyebabnya, kurangnya minat untuk belajar dan memperdalam agama dikalangan amnak muda ini bisa memicu penggunaan narkoba. Dengan siraman rohani yang bagus maka itu akan memberikan hal-hal yang positif dan juga hukum-hukum tentang agama mengenai kemaksiatan. Pada zaman sekarang ini sedikit orang yang menyadari betapa pentingnya agama di dalam kehidupan ini. Agama bukan hanya menyelamatkan kita di dunia saja melainkan bisa menyelamatkan dunia dan akhirat. Kemudian penyebab lainnya adalah keinginan untuk mencoba.
          Biasanya anak muda naluri ingin tahunya sangat tinggi dan ini menjadi salah satu pemicu untuk sekedar mencoba narkoba, dengan alas an hanya untuk mencoba lama-kelamaan karna sering memakainya akhirnya kecanduan dan membuat mereka menjadi pemakai aktif, karna jika sudah ketagagihan maka semakin sulit untuk dihentikan. Maka dari itu jika kita ingin menghindarinya maka jangan sekali-kali untuk dekat dengan narkoba dan jangan pernah menyentuhnya apalagi mencobanya.Ada banyak jenis narkoba yang tersebar luas dimasyarakat kita sekarang. Misalnya ganja, heroin, putau, kokain, ekstasi, sabu-sabu dan masih banyak lagi macamnya.Dan jangan sampai para pemuda kita menggunakan salah satu itu.
        Penyalahgunaan narkoba juga berpengaruh pada tubuh dan mental serta emosional orang yang memakaianya. Jika semakin sering dikonsumsi, apalagi dalam jumlah berlebih setiap harinya maka akan merusak kesehatan tubuh, kejiwaan dan fungsi sosial di dalam masyarakat. Pengaruh narkoba pada remaja bahkan dapat berakibat lebih fatal, karena berpengaruh menghambat perkembangan kepribadianya, baik kecerdasan, daya ingat dan lain-lain. Narkoba dapat merusak potensi diri, sebab dianggap sebagai cara yang wajar bagi seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan hidup sehari-hari. Seakan-akan dengan menggunakan narkoba masalah mereka bisa selesai padahal malah semakin bertambah
           Padahal sudah terdapat banyak sekali informasi yang menyatakan dampak negatif yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan dalam mengkonsumsi narkoba baik itu di televise, internet, iklan bahkan poster dan slogan, tapi hal ini belum memberi angka yang cukup signifikan dalam mengurangi tingkat penyalahgunaan narkoba. Akibat dari pengguanan narkoba adalah menimbulkan gangguan-gangguan syaraf pada manusia dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Bukan hanya penyakit, apabila pemuda bisa berhenti dari kecanduan untuk berhenti menggunakannya maka efek yang paling fatal adalah bisa berujung pada kematian. Ciri-ciri kecanduan antara lain: kejang, sakit perut, badan gemetar, muntah-muntah, mata dan hidung berair, hilangnya nafsu makan dan hilangnya/berkurangnya berat badan.
        Bukan hanya mengakibatkan dampak negative terhadap diri sendiri namu juga member dampak negative terhadap lingkungan. Karna dalam penggunaannya narkoba bisa menghilangkan kesadaran maka hal ini bisa mengganggu ketertiban dan ketentraman di masyarakat. Maka dari itu, untuk mendapatkan narkoba para pemakainya biasanya akan melakukan hal criminal untuk membeli narkoba karna tifsak mampu untuk membelinya sedangkan pemakainya sedang sakau-sakaunya. Biasanya hal yang mereka lakukan saat tidak mampu untuk membeli narkoba adalah mencuri, merampok orang lain, merampas, pertengkaran dan juga tidak sedikit perbuatan yang bisa menghilangkan nyawa seseorang (pembunuhan) dan lain-lain.
        Dari hal itu maka kita harus mencari upaya baik itu pencegahan ataupun pemulihannya. Salah satunya adalah upaya dari orang tua. Orang tua harus waspada terhadap perilaku anak dan pergaulannya. Disertai pola asuh otoritatif, terbuka, dan juga komunikasi yang baik dan selalu terjaga, agar apa pun yang dilalui sang anak orang tua bisa mengetahui dan bisa mencari solusi atas apa yang sedang dihadapi oleh anak (pemuda). Upaya dari diri sendiri menurut saya juga bisa dilakukan dengan cara menghindari kebiasaan merokok dan minuman keras, sikap untuk menolak apabila ditawari narkoba, pilih teman bergaul yang baik, ikut aktif dalam kegiatan positif baik didalam atau diluar sekolah, meningkatkan prestasi agar cita-cita yang di miliki oleh pemuda kita bisa terwujud, dan yang terakhir adalah tingkatkan iman dan taqwa.
         Masih banyak lagi sebenarnya upaya untuk menanggulanginya misalkan selektif dalam memilih teman, selektif dalam memilih makanan dan minuman, membuat kelompok-kelompok kecil (baik teman, saudara, atau komunitas yang baik) yang saling mengingatkan masing-masing individu. Kemudian menghindari dari lingkungan yang tidak baik, mengetahui dan kalau perlu mengadakan seminar tentang data dan fakta narkoba termasuk akibat-akibatnya yang ditimbulkan dari narkoba itu sendiri.
         Para pemuda merupakan generasi penerus bangsa dan saya hanya bisa memberikan sedikit contoh tentang upaya penanggulangan narkoba. Apa jadinya bila bangsa ini dipimpin oleh para pengguna narkoba? Maka kita tidak bisa bayangkan apa yang akan terjadi oleh negara ini. Maka dari itu sosialisasi itu sangat penting terutama untuk para pemuda kita agar merekan bisa mengetahui dan memilih mana yang terbaik buat mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar