Social Icons

Arif Rahmanto

Jumat, 04 Januari 2013

Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan (tulisan)


      Ilmu pengetahuan adalah sebuah dasar dari segala sesuatu yang menjadi bekal seseorang untuk mencapai apa yang ia inginkan. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan bekal untuk kita mencapai kesuksesan di masa depan. Ilmu pengetahuan bisa kita dapat dimana saja bisa melalui lembaga pendidikan formal atau pun non formal. Dan masih banyak ilmu pengetahuan yang tersedia didunia ini seperti media elektronik seperti televisi, internet, radio dan lain-lain ataupun media massa. Yang terpenting adalah seberapa kuat tekad kita untuk bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tersebut. semakin banyak kita belajar maka semakin banyak ilmu yang kita punya. Misalkan diinternet, kita bisa mendapatkan segala ilmu dan informasi dalam sekejap. Maka dari itu pemanfaatannya harus digunakan dengan baik. Jangan sampai digunakan untuk hal yang negatif, maka kita tidak akan mendapat ilmu pengetahuan.
        Dari ilmu pengetahuan maka manusia bisa menciptakan teknologi. Pada zaman sekarang semua aktivitas manusia pasti kebanyakan berhubungan dengan teknologi seperti handphone, komputer dan lain-lain. hamper semua kalangan menggunakan teknologi tersebut baik itu anak-anak dan juga orang dewasa. Dengan adanya teknolohgi yang semakin canggih dan selalu berkembang maka kita harus mengikuti perkembangan dari teknologi tersebut agar kita tidak gaptek. Dan pengembangan teknologi itu sendiri juga menggunakan ilmu pengetahuan. Jadi seiring berjalannya waktu kita juga harus memperdalam ilmu pengetahuan agar teknologi bisa semakin berkembang. Maka dari itu dengan canggihnya teknologi maka dengan mudah kita bisa mendapat ilmu pengetahuan. Bukan hanya untuk ilmu pengetahuan, teknologi juga memudahkan manusia dalam berkomunikasi terhadap sesama manusia.
Seperti sekarang dengan adanya hp kita bisa lebih mudah menghubungi orang lain apa bila kita ada keperluan atau bisa juga lewat sms, email dan sarana lainnya tyang langsung sampai kepada penerima tidak seperti dulu yang masih menggunakan surat menyurat yang prosesnya cukup lama. Teknologi pun juga berfungsi dibidang lainnya seperti pendidikan, bisnis, ataupun pekerjaan lainnya. Sebenarnya teknologi itu banyak fungsinya baik dari segi ilmu pengetahuan dan lai,-lain tetapi teknologi itu sendiri juga mampunyai dampak negatif tersendiri. Banyak masalah-masalah yang terjadi dalam pemanfaatan teknologi. Seperti ketergantungan, malas belajar,dan lain-lain. yang akan saya bahas adalah soal ketergantungan. Media seperti komputer memang tidak ada habisnya. Seakan-akan setiap hari kita tidak bisa lepas dari komputer, baik itu disaat kita butuhkan untuk mengerjakan tugas, untuk browsing, bermain game atau bahkan untuk multimedia sampai berjam-jam sampai lupa dengan aktivitas lainnya seperti belajar dan bersosialisasi. Hal ini bisa terjadi karna pengguna komputer itu merasa nyaman dengan apa yang dia nikmati bersama komputer dan tidak mau melepasnya. Karna ada sebagian orang yang bermain komputer untuk menghilangkan stress.
Dari masalah ketergantungan ini maka jalan keluarnya adalah harus mencoba hal-hal baru dan juga harus ada bantuan dari orang-orang sekelilingnya dan juga menyadarkan pengguna untuk melakukan kegiatan lain di luar komputer. Maka dari itu harus ada dukungan atau motivasi untuk mempernbanyak kegiatan diluar rumah seperti berolahraga, mengikuti kegiatan sekolah, bersosialisasi dengan temannya dan lain sebagainya. Maka dengan hal itu maka akan lebih sedikit waktu yang digunakan de depan komputer. Selain masalah ketergantunga terdapat juga masalah-masalah lain mengenai teknologi ini seperti masalah terhadap budaya dan jatidiri bangsa. Jatidiri bangsa ditentukan oleh perilaku seluruh warganya.
Sekarang ini penggunaan teknologi  sangat dibutuhkan untuk segala keperluan, baik itu masalah pendidikan seperti tugas, bisnis, dan pekerjaan lainnya. Maka  hampir semua lapisan masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa dapat mengetahui dan menggunakan berbagai macam teknologi didalam kehidupan mereka. Khususnya dalam dunia maya, sekarang ini pemanfaatan internet banyak digandrungi masyarakat, seperti browsing, chatting, download dan lain-lain baik untuk bidang bisnis, di bidang pendidikan, komunikasi, bahkan hanya untuk hiburan dengan bermain game online. Maka dari itu penggunaan internet tersebut bisa meyebabkan adanya budaya dan kebiasaan baru yang timbul di dalam masyarakat kita. Seperti budaya silahturahmi atau sosialisasi dengan masyarakat sekarang sudah tergantikan dengan menggunakan fasilitas atau sarana lainnya seperti telpon, sms dan lain-lain. maka dari itu di masa sekarang ini kita tak perlu pergi jauh-jauh untuk bertemu atau datang ke rumah kerabat.
Bahkan kita bisa bercerita atau hanya saling menyapa dengan sms pun sudah cukup mewakili untuk silahturahmi. Budaya smsan sudah menjamur dimasyarakat,tak hanya anak muda,anak-anak sampai orang tuapun selalu tak lepas dari hp untuk bersms ria. Teknologi seperti media komputer pun juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain, seperti musik, internet, video, programming dan lain lain-lain. Hal itu menyebabkan masyarakat menjadi jarang bersosialisasi dengan masyarakatnya. Maka dari itu masalah ini  menyebabkan budaya saling tolong menolong dan gotong royong yang sudah ada sejak lama di Indonesia menjadi terlupakan karena hilangnya rasa persatuan dan kesatuan diantara warga Indonesia. Maka solusi dari permasalahan ini adalah meskipun kita dapat berhubungan langsung atau hanya sekedar memberi kabar dengan menggunakan teknologi yang sudah ada, tetapi kita juga harus tetap bersosialisasi dan bersilahturahmi dengan kerabat atau tetangga kita dengan cara mengunjungi mereka karna kita adalah makhluk sosial yang berarti kita sebagai manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain maka dari itu sosialisasi dengan masyarakat ataupun saudara kita harus tetap terjaga agar tali pesatuan dan kesatuan diantara kita tetap utuh.
Sebenarnya ada banyak cara untuk menanggulangi dampak negatif dari penggunaan teknologi yaitu perlu adnya kesadaran dan juga kerjasama seluruh pengguna layanan teknologi, Jadi, solusinya adalah kita jangan sampai mengatakan tidak pada teknologi (say no to technology) bukan kita berarti menghindar dari teknologi tetapi apabila kita berbuat demikian, maka kita akan ketinggalan banyak ilmu pengetahuan dan juga informasi-informasi lainnya karna di zaman sekarang ini informasi-informasi tersebut paling banyak ada di internet. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah dan cepat baik itu lewat handphone maupun komputer Kita harus mempertimbangkan antara kebutuhan dan keinginan kita terhadap teknologi yang ingin kita gunakan. Yaitu dengan cara memilih mana yang baik buat kita, mana juga yang buruk buat kita, karna semua itu berawal dari diri sendiri.
Penggunaan teknologi tersebut dan harus tetap menggunakan etika, juga tidak lupa jangan terlalu berlebihan dalam penggunaannya agar kita tidak kecanduan and selalu ketergantungan denagn teknologi. Selain itu dengan fasilitas teknologi yang kita miliki sederhana asal bisa kita manfaatkan dengan maksimal, maka teknologi itu akan menghasilkan karya yang berkualitas. Seperti juga facebook, twitter dan juga situs jejaring sosial lainnya apabila dimanfaatkan dengan baik untuk mencari teman, untuk mendapatkan informasi atau sekedar untuk hiburan semata dan hal-hal positif lainnya agar kita mempunyai banyak teman dan pasti akan ada manfaatnya juga untuk kita, dan pasti akan bisa mendatangkan keuntungan bagi kita. Jadi dalam penggunaan teknologi yang semakin canggih ini jagan sampai kita gunakan untuk kejahatan atau kriminalitas.
Kemiskinan adalah suatu kondisi dimana terjadi kekurangan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya seperti sandang, pangan dan papan. Hal ini bisa terjadi karna kurangnya ilmu pengetahuan dan wawasan tentang teknologi dan hal itu membuat mereka tertinggal sehingga mereka sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Karna dengan ilmu pengetahuan yang pintar dan banyak seseorang bisa mendapatkan pekerjaan tetap didukung dengan pengalaman yang dimilikinya. Jika memiliki itu semua mereka bisa mencari pekerjaan yang dibutuhkan dan terhindar dari kemiskinan. Dan salah satu upaya menanggulangi kemiskinan adalah dengan bekerja keras. Karna dengan bekerja keras kita akan mendapat sesuatu yang kita inginkan yang nantinya digunakan untuk kebutuhan hidup. Orang yang tidak punya jiwa pekerja keras maka akan sulit terhindar dari kemiskinan, karna segala sesuatu itu tergantung kemauan dan niat. Maka dari itu kita harus bekerja keras untuk mencapai apa yang kita inginkan.
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar